Kenali 8 Jenis Mutiara yang terkenal
Kenali jenis-jenis mutiara di dunia
Kenali jenis-jenis mutiara di dunia

Hallo pecinta mutiara. Sebelum memutuskan untuk membeli mutiara ada baiknya kita mengenal jenis-jenis mutiara yang populer di dunia. yuk simak 8 jenis mutiara berikut:

  1. Mutiara laut selatan (south sea pearl)

    mutiara lombok adalah jenis mutiara yang berharga tinggi dan terkenal akan kualitasnya yang luar biasa, besarnya diatas rata-rata jenis mutiara lain, berukuran mulai dari 8mm-22mm, namun sebagian besar produksi antara 10mm-14mm. Mutiara ini tumbuh dengan baik di Lombok, kepulauan Indonesia Timur, di perairan hangat Filipina, Burma dan Australia. Di Lombok sendiri tiram yang menghasilkan mutiara jenis ini adalah tiram Pinctada Maxima. Mutiara ini termasuk yang paling langka dan budidayanya lebih sulit makanya harga jadi jauh lebih mahal.
  2. Mutiara Akoya

    Akoya jenisnya bulat, putih, berkilau dengan cahaya mawar, tampak anggun dan lembut, dianggap salah satu yang terbaik dan paling populer di dunia. Nama mutiara akoya berasal dari kata bahasa Jepang, ukurannya relatif kecil (tiram Pinctada Fucata). Akoya dibudidayakan di air asin tiram di perairan dingin dari kepulauan Jepang. Dari 5 nukleus Akoya hanya 1 yang menghasilkan mutiara dan sebagian kecil saja yang kualitasnya permata.

    Akoya berukuran mulai dari 2mm-10mm. Kebanyakan berwarna putih sampai krim, dengan kilau mulai dari warna mawar sampai berwarna emas. Mutiara Akoya hasil budidaya sangat berkilau, hampir selalu bulat konsisten, sangat cantik dengan warna yang putih bersih, atau berwarna seperti baja mengkilat.
  3. Mutiara Tahitian

    Namanya berasal dari Kepulauan tropis Tahiti. Sekarang budidayanya tidak hanya di Tahiti tetapi juga Kepulauan Cook dan tempat-tempat lain di Pasifik Selatan. Mutiara ini ukurannya lebih besar dari Akoya soalnya tiramnya juga besar. Warnanya hitam alami dan berkisar silver, keunguan, kebiruan atau kehijauan. Ukurannya berkisar dari 7mm sampai 20mm, sebagian besar produksi diantara ukuran 10mm ke 14mm.

    Jenis mutiara Tahitian dibudidayakan dari jenis tiram berbibir hitam jenis Pinctada, dan menghasilkan jenis mutiara yang sangat besar. Tiram ini sangat sensitif terhadap proses budidaya mutiara, yang membuat jenis mutiara ini sangat mahal untuk diproduksi.
  4. Mutiara Biwa

    Mutiara ini mirip dengan Akoya kalau dipakai tapi harganya lebih terjangkau kantong. Meski harganya terjangkau tapi mutiara ini tetap memiliki kualitas yang baik lho, jangan salah. Warnanya pun bermacam-macam mulai dari pink, peach, lavender dan yang besar ada yang memiliki warna seperti mutiara tahitian yaitu hitam kehijauan.
  5. Mutiara air tawar

    Jenis mutiara air tawar bulat memiliki kualitas baik namun harganya terjangkau dan disukai pasaran saat ini. Berbeda dengan jenis mutiara air tawar yang berbentuk beras, jenis mutiara ini sebagian besar berbentuk bulat dengan ukuran 6mm- 8mm dan terlihat sangat mirip dengan Akoya ketika dipakai (tetapi dengan harga terjangkau).

    Warna yang muncul dapat berwarna lavenders, pink, dan peach; dan beberapa mutiara yang bulat dan besar dapat seperti warna Tahiti (hitam kehijauan) atau Mutiara Biwa.

    Mutiara ini dihasilkan dari proses yang agak rumit lho ternyata. Satu kerang bisa dipanen berkali-kali dan di dalam satu kerang bisa menghasilkan banyak mutiara. Meski mutiara ini berasal dari Jepang tapi jenis mutiara air tawar Cina sudah dibudidayakan sejak 1970an di Sungai Yangtze, Cina.
  6. Mutiara Abalone

    Mutiara jenis ini bentuknya nggak seperti mutiara dan yang menarik adalah warna-warnanya. mutiara Mabe yang dibentuk pada kerang abalone dari Selandia Baru dan Meksiko ini warnanya hijau dan biru brilian. Soal harga emang agak mahal. Nggak heran juga karena bentuknya indah gitu kalau udah dibuat jadi aksesoris. Ada yang berminat koleksi?
  7. Mutiara Keshii

    Dalam bahasa Jepang keshii artinya ‘kecil’ dan memang jenis kerang ini ukurannya kecil-kecil. Mutiara ini kecil dan nggak memilki inti / nucleus. Ukurannya berkisar antara 10 mm. Mutiara keshii tumbuh di otot adductor tiram mutiara. Kadang-kadang dalam proses budidaya mutiara akan dimasukkan bahan yang agak sedikit berbeda yaitu agak kecil pada Mantel tiram ini sehingga hasilnya adalah jenis mutiara yang disengaja kecil. Mutiara ini hampir seperti jenis mutiara alami, hampir semua nacre dalam bentuk-bentuk bebas acak. Negara yang banyak membeli mutiara ini adalah Arab.
  8. Mutiara Mabe

    Kerang penghasil mutiara Mabe ini adalah kerang Pteria Penguin. Bentuk mutiara ini setengah bola, setengah lingkaran atau kubah dome. Nacre sengaja dibiarkan tumbuh di satu sisi saja. Dari semua jenis mutiara, mutiara Mabe ini tergolong yang paling murah. Biasanya mutiara Mabe diternakkan pada tiram yang nggak bisa menghasilkan mutiara utuh.

Diantara kesemua jenis mutiara diatas, muitiara laut lombok atau yang biasa dikenal dengan mutiara laut selatan (South Sea Pearls) adalah mutiara dengan kualitas terbaik di Dunia. Jadi bagaimana, sudah memutuskan akan membelih mutiara yang seperti apa? langsung aja yuk lihat koleksi perhiasan mutiara yang kami miliki disini

Lombok Paradise menjual berbagai jenis mutiara. mutiara terbaik kami jual adalah mutiara laut lombok yang juga terkenal sebagai mutiara terbaik di dunia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.